Kamis, 15 Maret 2012

PERTANIAN ORGANIK? APAAN TUH?



Menurut International Federation of Organic Agriculture Movements (IFOAM)
"Organic agriculture is a production system that sustains the health of soils, ecosystems and people. It relies on ecological processes, biodiversity and cycles adapted to local conditions, rather than the use of inputs with adverse effects. Organic agriculture combines tradition, innovation and science to benefit the shared environment and promote fair relationships and a good quality of life for all involved..."

“Pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan.”


SEJARAH

Sesungguhnya pertanian organik adalah bentuk paling orisinal dari teknik pertanian dan telah dipraktekkan selama ribuan tahun oleh nenek moyang kita, arkeolog telah mencatat bahwa kegiatan pertanian organik telah ada jauh pada zaman prasejarah. Hanya saja segalanya mulai berubah sejak diperkenalkan metoda an-organik pada masa awal revolusi industri.

Pupuk kimia buatan mulai diciptakan pada abad ke-18 (pertengahan 1700an), mula-mula diproduksi pupuk yang berbasis super-phosphate kemudian berlanjut dengan pupuk berbasis ammonia yang kini familiar dengan nama urea mulai diproduksi pada saat berkecamuknya perang dunia pertama (dekade awal 1900an). Pupuk kimia sintetis segera menjadi primadona karena relatif “murah” (pada awalnya) serta mudah dalam pengemasan dan transportasinya. Selanjutnya pada tahun 1940an mulai diproduksi pestisida kimia secara besar-besaran.

Adalah Sir Albert Howard yang dikenal sebagai bapak pertanian organik karena beliaulah yang memulai gerakan pertanian organik pada masa pasca-revolusi industri. Gerakan pertanian organik adalah gerakan kebangkitan kembali prinsip-prinsip pertanian alami yang berusaha mengembalikan keseimbangan ekologi yang telah rusak akibat kemajuan pesat industri di abad ke-19 dan ke-20.

PRINSIP PERTANIAN ORGANIK

KESEHATAN
Kesehatan merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem kehidupan. Tidak sekedar bebas dari penyakit, tetapi juga memelihara kesejahteraan fisik, mental, sosial dan ekologi. Pertanian organik dimaksudkan untuk menghasilkan makanan bermutu tinggi dan bergizi yang mendukung pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan. Mengingat hal tersebut, maka harus dihindari penggunaan pupuk, pestisida, obat-obatan kimia dan bahan aditif makanan yang dapat berefek merugikan kesehatan.

EKOLOGI
Budidaya pertanian, peternakan dan pemanenan produk organik haruslah sesuai dengan siklus dan keseimbangan ekologi di alam. Pengelolaan organik harus disesuaikan dengan kondisi, ekologi, budaya dan skala lokal. Bahan-bahan asupan sebaiknya dikurangi dengan cara dipakai kembali dan didaur ulang. Teknik pertanian organik harus melindungi dan memberikan keuntungan bagi lingkungan secara umum, termasuk di dalamnya tanah, iklim, habitat, keragaman hayati, udara dan air.

KEADILAN
Pertanian organik harus memberikan kualitas hidup yang baik bagi setiap orang yang terlibat, menyumbang bagi kedaulatan pangan dan pengurangan kemiskinan. Pertanian organik bertujuan untuk menghasilkan kecukupan dan ketersediaan pangan maupun produk lainnya dengan kualitas yang baik. Keadilan memerlukan sistem produksi, distribusi dan perdagangan yang terbuka, adil, dan mempertimbangkan biaya sosial dan lingkungan yang sebenarnya.

PERLINDUNGAN
Pertanian organik harus mampu mencegah terjadinya resiko merugikan dengan menerapkan teknologi tepat guna dan menolak teknologi yang tak dapat diramalkan akibatnya, seperti rekayasa genetika (genetic engineering). Ilmu pengetahuan diperlukan untuk menjamin bahwa pertanian organik bersifat menyehatkan, aman dan ramah lingkungan. Tetapi pengetahuan ilmiah saja tidaklah cukup. Seiring waktu, pengalaman praktis yang dipadukan dengan kebijakan dan kearifan tradisional menjadi solusi tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar